Berbagi pengetahuan metodologi riset bisnis, Dosen ITK memberikan pelatihan menggunakan alat SPSS dan PLS kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Universitas Palangka Raya

Pembicara - 11 Maret 2022 - 12:00 AM

Balikpapan- Sabtu, 05 Maret 2022. Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Palangka Raya mengadakan pelatihan metodologi riset menggunakan alat SPSS dan PLS dengan menghadirkan pemateri Leliana Maria Angela, S.E., M.Sc., Ak, CA (Dosen Jurusan Akuntansi, Uiversitas Palangka Raya), dan Muh. Ikhsan Alif S. S.E., M.Sc (Dosen Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi Kalimantan).

Kegiatan ini dihadiri oleh 74 orang mahasiswa tingkat akhir sebagai peserta pelatihan SPSS dan PLS. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk melatih kemampuan riset dan pengolahan data bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi menggunakan alat statistik SPSS dan PLS. Kegiatan ini dilaksanakan dalam durasi 6 (enam) jam, terdapat dua sesi utama dalam kegiatan ini yaitu pengenalan alat SPSS dan sesi kedua yaitu penggunaan alat PLS (Warp-PLS) untuk studi kajian keprilakuan dalam bisnis.

Materi sesi pertama disampaikan oleh Leliana Maria Angela, S.E., M.Sc., Ak, CA terkait pengenalan alat SPSS dalam penelitian. Dalam presentasinya, pemateri memaparkan terkait bagaimana mengolah data hingga menginterpretasi data terkait karakteristik data, statistik deskriptif, regresi biasa, dan regresi berganda.

                                                                                                     

Materi sesi kedua disampaikan oleh Muh Ikhsan Alif S. S.E., M.Sc yang menyampaikan terkait dengan pengenalan alat PLS dengan menggunakan WARP-PLS versi 7.0, Dalam presentasinya, pemateri memaparkan terkait bagaimana proses riset kajian dalam riset keprilakuan dengan metode survei kuesioner, pengantar serta defenisi dari metode partial least square, cara menghipotesiskan suatu model penelitian yang baik, serta interpretasi hasil olahan data menggunakan WARP-PLS dengan model penelitian pemoderasi.

Peserta sangatlah antusias mengikuti dari pagi hingga siang hari melalui via daring (zoom) dengan melakukan praktik menggunakan SPSS dan PLS. Paparan dijelaskan dengan sangat teknis dan terperinci melalui via daring (zoom) mulai dari proses awal pengolahan data hingga hasil atau interpretasi data. Pelatihan berjalan dengan antusias peserta pada setiap sesinya, tanya jawab hingga acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama