Dosen Prodi Bisnis Digital ITK menjadi Narasumber dalam Opentalk SCM & E-Commerce for Start-up and UMKM in Agriculture Product

Pembicara - 29 Desember 2021 - 12:00 AM

Perkembangan manajemen logistik dan rantai pasokan di Indonesia yang sangat pesat saat ini turut didukung oleh berbagai inovasi hingga pemahaman yang mendasar terkait konsep manajemen logistik itu sendiri. Menaggapi hal tersebut, Dosen Program Studi Bisnis Digital ITK, Bapak Bayu Nur Abdallah menjadi narasumber dalam webinar dengan tema opentalk SCM & E-Commerce for Start-up and UMKM in Agriculture Product yang ditaja oleh Center of Innovation for Logistics and Supply Chain (CILOGS).

Dalam paparannya beliau menyampaikan konsep dasar manajemen logistik dan kaitannya dengan manajemen logistic khususnya pada bidang produk agrikultur. Berbicara mengenai teknis logistik dan rantai pasokan pada bidang produk agrikultur dan makanan tentu memiliki karakteristik yang unik. Adapun beberapa isu yang menjadi focus dalam bidang ini yaitu terkait Transparency, Security (aspek keamanan dan kesehatan), Streamline Operation (pemilihan jalur operasi), analytics (mengukur demand suatu produk), dan customer engagement (menjawab kebutuhan pelanggan). Isu transparansi (traceabilty) menjadi salah satu isu yang krusial, saat ini konsumen jauh lebih aware dengan origin produk yang mereka konsumsi dan ini juga didukung oleh teknologi seperti blockchain. Selanjutnya terkait biaya logistik saat ini telah dapat ditekan baik dari sisi upstream maupun downstream dalam rantai pasokan, sebagai contoh teknologi seperti smart container, smart inventory, online order, outsource delivery, dan lain sebagainya.

Narasumber selanjutnya adalah Bapak M Shiddiq Aziz, Beliau merupakan CEO Inagri, startup di Bidang agrikultur. Dalam paprannya beliau menyampaikan terkait startup Inagri yang bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan di bidang agrikultur, pertanian, dan logistik. Salah satu tantangan bagi startup agriculture goods marketplace adalah terkait scalability atau skala usaha yang bisa profitable. Selanjutnya strategi Inagri khususnya dalam bidang logistik adalah simplifikasi distribusi melalui inovasi operasional rantai pasokan, teknologi, modeling bisnis, untuk meningkatkan profitabilitas.

Sesi terakhir yaitu diskusi dan tanya jawab. Diharapkan dengan terselenggaranya webinar dan diskusi dengan berbagai persfektif baik dari akademisi maupun praktisi ini dapat menambah wawasan, menumbuhkan inovasi, hingga menjawab permasalahan dan isu yang ada pada  manajemen logistik dan rantai pasokan di Indonesia khususnya di bidang Agrikultur.