Expo Produk Mahasiswa Prodi Bisnis Digital

Bisdig Event - 10 Juni 2024 - 12:00 AM

Sebagai salah satu luaran dari Kegiatan perkuliahan Mata Kuliah Manajemen Produk, Program Studi Bisnis Digital ITK mengadakan Expo atau pameran produk. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian acara bertajuk Eqonic Chapter 1 dalam rangka Dies Natalis Program Studi Bisnis Digital ITK yang ke 3. Diikuti oleh 18 tim pengembang produk, expo diawali dengan presentasi oleh masing-masing tim. Expo ini juga menjadi wadah seluruh tim untuk peluncuran produk yang mereka kembangkan. Selain peluncuran produk, pada kesempatan kali ini seluruh kelompok turut menampilkan startegi pemasaran digitalnya yang telah dipelajari dan dikembangkan pada Mata Kuliah Digital Marketing. Beragam startegi turut ditampilkan seperti pembuatan media atau kanal promosi produk, konten produk, hingga konten peluncuran produk.

Ibu Khairunnisa Rahmah, MM selaku dosen pengampu MK Manajemen Produk menyampaikan apresiasi pada seluruh tim yang telah mengembangkan produknya mulai dari penentuan ide, pengumpulan bahan baku, penyusunan prototype, pengujian produk, iterasi produk, hingga menjadi produk jadi. Pada Mata Kuliah ini, mahasiswa berkerja secara berkelompok untuk menciptakan sebuah produk baik produk tangible maupun intangible. Fokus atau capaian yang hendak dicapai dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa mampu menciptakan suatu produk dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital mulai dari melihat aspek internal tim, menentukan dan memvalidasi target pelanggan, mendefinisikan desain produk, merancang dan meluncurkan produk, selanjutnya mahasiswa juga mempelajari teknik iterasi untuk penyempurnaan produk, dan mempresentasikan produk pada stakeholder.

Expo produk ini terbuka untuk umum sehingga mahasiswa juga mendapat berbagai masukan guna pengembangan produk kedepannya. Pada kesempatan ini beberapa kelompok tidak hanya memamerkan dan meluncurkan produk saja bahkan sebagian besar kelompok telah berhasil mencetak penjualan. Kedepannya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan diharapkan dapat memberikan pengalaman lebih pada mahasiswa Prodi Bisnis Digital.