Inovasi Produk Mahasiswa pada Expo Econiq 2025

Bisdig Event - 17 Juli 2025 - 12:00 AM

Semarak inovasi dan kreativitas kembali dihadirkan oleh mahasiswa program studi bisnis digital ITK. Program Studi Bisnis Digital ITK sukses menggelar Expo Eqonic Chapter 2, agenda ini merupakan luaran (output) dari Mata Kuliah Manajemen Produk dan Mata Kuliah Pemasaran Digital sekaligus bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-4 Program Studi Bisnis Digital ITK. Bertempat di Gedung Klandasan, Balikpapan 26 – 27 Juni 2025, expo berhasil menarik sekitar 400 pengunjung untuk mengapresiasi karya dan inovasi mahasiswa. Pameran ini menampilkan 18 tim pengembang produk yang memukau, dibagi dalam tiga kategori: barang industri, barang tahan lama, dan barang tidak tahan lama. Setiap tim mengawali pameran dengan presentasi mendalam, diikuti peluncuran produk inovatif yang menjadi hasil kerja keras mereka. Tak hanya itu, seluruh kelompok turut memamerkan strategi pemasaran digital canggih yang telah mereka pelajari dan kembangkan, mulai dari kreasi media promosi hingga konten peluncuran produk.

Kegiatan ini merupakan cerminan nyata dari capaian pembelajaran di Mata Kuliah Manajemen Produk. Ibu Khairunnisa Rahmah, MM, dan Bapak Agung Prabowo, S.E,. M.M., selaku dosen pengampu, menyampaikan apresiasi atas dedikasi mahasiswa. Mereka menjelaskan, mahasiswa telah melewati seluruh tahapan pengembangan produk—dari penentuan ide, pengadaan bahan baku, penyusunan prototipe, pengujian, hingga iterasi produk—menjadi sebuah karya jadi, baik itu produk tangible maupun intangible. Fokus mata kuliah ini adalah memberdayakan mahasiswa agar mampu menciptakan produk dengan metodologi yang baik dan dengan memanfaatkan teknologi digital, memvalidasi target pelanggan, mendefinisikan desain, merancang dan meluncurkan, serta menyempurnakan produk melalui iterasi, hingga sukses mempresentasikan dan meluncurkan kepada konsumen.

 

Expo produk ini terbuka luas untuk publik, membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menerima beragam masukan berharga demi pengembangan produk di masa depan. Lebih membanggakan lagi, banyak kelompok tak hanya sekadar memamerkan dan meluncurkan produk, tetapi juga berhasil mencetak penjualan yang signifikan! Ini membuktikan bahwa inovasi mahasiswa Bisnis Digital ITK memiliki daya saing dan potensi pasar yang kuat. Ke depannya, Expo Eqonic akan menjadi agenda rutin tahunan yang diharapkan terus memperkaya pengalaman praktis mahasiswa Program Studi Bisnis Digital, mempersiapkan mereka menjadi talenta unggul di dunia bisnis digital.

Penulis: Muhammad Bayu Saputra