Kampus x Industri: Kolaborasi dalam Pengembangan Start-Up Digital di Indonesia

Webinar - 11 Maret 2022 - 12:00 AM

Menyambut tahun ajaran baru, Program Studi Bisnis Digital Institut Teknologi Kalimantan mengadakan Webinar Start-Up digital. Acara berlangsung pada Selasa, 13 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 WIB secara online via aplikasi Zoom. Webinar ini merupakan kolaborasi antara Program Studi Bisnis Digital ITK dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan Gojek.

Acara dipandu oleh pembawa acara sekaligus bertindak sebagai moderator, Ibu Widya Sartika, M.Kom. Sambutan diberikan oleh Ibu Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Wakil Rektor bidang Akademik ITK. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan ini terlebih pada masa saat ini dan kedepannya pemanfaatan teknologi dan informasi berperan semakin penting. Dan harapannya kolaborasi ini dapat terus dilanjutkan dengan berbagai karya dan kerjasama sehingga menghadirkan kebermanfaatan di masyarakat. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Bayu Nur Abdallah, S.T., M.T selaku koordinator program studi Bisnis digital ITK dengan materi berjudul Peran Kampus dalam Pengembangan StartUp di Indonesia. Melalui paparannya beliau menyampaikan bahwa kampus berperan penting dalam mempersiapkan SDM dan talenta-talenta digital yang akan menjadi penggerak perkembangan startup. Dan untuk mewujudkannya, dalam hal ini kurikulum yang telah disusun saat ini telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kampus akan terus bersinergi dengan industri dan berbagai pihak lainnya.

                                     

 

 

 

 

 

 

 

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Muhamad Barka Anantadira, Innovation Management Lead dari Telkom Digital Amoeba (ITDRI) dengan judul materi The game changer to realize. Beliau menyampaikan urgensi dan kondisi tingkat inovasi Indonesia saat ini dan berbagai hal yang perlu untuk dilakukan kedepannya untuk meng-adress hal tersebut melalui ITDRI Innovation Management. Lalu materi terakhir disampaikan oleh Bapak Jerry Fransen Thomas, Regional Consumer Engagement Manajer Gojek. Beliau menyampaikan terkait Program Muda Maju Bersama yang merupakan program inkubasi dan pendampingan startup. Program ini terbuka bagi seluruh pemuda di Indonesia bagian Timur.

                                                                                  

 

 

 

 

 

 

Pengembangan Start-Up Digital di Indonesia yang saat ini berkembang dengan pesat merupakan momentum yang sangat baik. Hal ini sejalan dengan kebutuhan industri akan talenta digital yang semakin tinggi. Kampus memiliki peran kunci dalam mempersiapkan SDM melalui penyusunan kurikulum dan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan yang ada. Selanjutnya untuk hal tersebut kolaborasi dan sinergi antara kampus dan Industri menjadi lebih penting untuk meningkatkan kualitas SDM yang nantinya akan menjadi penggerak startup digital di Indonesia.