Prodi Bisnis Digital dalam Lokakarya Tinjauan Pelaksanaan MBKM Kewirausahaan di ITK

FGD - 13 November 2023 - 12:00 AM

Sehubungan dengan pelaksanaan program MBKM Kewirausahaan di lingkungan ITK. Maka diadakan Lokakarya Tinjauan Pelaksanaan MBKM Kewirausahaan di ITK. Prodi Bisnis Digital turut aktif dalam pelaksanaan lokakarya ini. Kegiatan ini terdiri atas dua sesi yaitu sesi talkshow dan sesi focus discussion. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan setiap prodi di ITK, akademisi dari luar ITK, Praktisi dari industri, komunitas Bisnis Tangan Diatas dan Himpuanan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). 

Sesi talkshow menghadirkan praktisi dari penyelenggara MBKM Kewirausahaan yang kali ini menghadirkan Dosen sekaligus praktisi Bisnis dari Universitas Ciputra Bapak Alex Wahyudi. Selanjutnya turut hadir praktisi dari dunia Industri Bapak Muhammad Rahmadana dari PT. Kilang Pertamina Balikpapan.  Selanjutanya lokakarya dilanjutkan dengan sesi focus discussion. Pada sesi ini seluruh peserta memberikan masukan pada dokumen draft panduan MBKM Kewirausahaan. Dalam kesempatan kali ini, dosen prodi bisnis digital yang juga merupakan bagian dari tim kewirausahaan ITK Ibu Widya Sartika, M. Kom menyampaikan pentingnya kolaborasi antara kampus dan dunia usaha dalam pengembangan bisnis mahasiswa yang saat ini dari segi kuantitas masih cukup kecil. Kehadiran komunitas bisnis yang merupakan bagian dari ekosistem bisnis juga diharapkan dapat lebih memotivasi mahasiswa dalam membangun bisnisnya.

Program MBKM Kewirausahaan merupakan salah satu program yang berpotensi untuk diikuti mahasiswa Bisnis Digital. Melalui program ini mahasiswa dapat menegembangkan usahanya sejalan dengan kegiatan perkuliahan dikampus dan kegiatan wirausaha tersebut selanjutnya dapat dikonversi menjadi SKS Mata Kuliah. Program studi Bisnis Digital ITK memiliki beberapa mata kuliah yang relevan dengan kewirausahaan, diantaranya mata kuliah manajerial mulai dari manajemen dasar, manajemen keuangan, pemasaran, dan manajemen SDM. Mata Kuliah berbasis sistem informasi seperti algoritma dan pemrograman, desian UI/UX, pengrograman web dan mobil, dan lain sebagainya. Selain itu mahasiswa juga dibekali mata kuliah berbasis bisnis seperti inovasi bisnis model, desain thingking, manajemen proses bisnis dan lain sebagainya.