Prodi Bisnis Digital ITK X Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Kolaborasi dalam Kegiatan Hacksprint

Pengabdian - 31 Januari 2023 - 12:00 AM

Program Studi Bisnis Digital ITK berkolaborasi dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Regional Balikpapan telah mengadakan kegiatan Hacksprint pada tanggal 20 dan 27 November 2021. Hacksprint merupakan tahapan untuk menemukan cara dalam memvalidasi masalah yang akan diangkat oleh startup tersebut hingga membangun sebuah MVP untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Kegiatan ini diikuti oleh 17 tim startup yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dan sekitarnya. Dosen dari Prodi Bisnis Digital yang bertugas sebagai fasilitator dalam Kegiatan Hacksprint adalah Bapak Muhammad Ikhsan Alif S, S.E., M.Sc dan didukung oleh empat orang anggota yaitu Bapak Bayu Nur Abdallah, S.T., M.T, Deli Yansyah, M.Acc., Ak., CA, dan Agung Prabowo, S.E., M.M., sedangkan Regional Officer dari Gerakan 1000 startup adalah Bapak Eka Krisna Santoso, S.Si., MBA dan Ibu Widya Sartika. M.Kom. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara program studi dengan Gerakan nasional 1000 start up digital.

Kegiatan Hacksprint berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 20 dan 27 November 2021. Kegiatan dilakukan secara hybrid, seluruh tim fasilitator hadir di ruang rapat B101 Kampus ITK dan seluruh peserta menghadiri kegiatan secara online. Tahap ini menggunakan tools Miro dengan template design sprint yang telah disesuaikan dari Kurikulum Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Selain itu dari tim fasilitator dari Prodi Bisnis Digital juga dibantu oleh rekan-rekan dosen dari Prodi DKV yaitu Ibu Olivia Febrianty Ngabito, M.Sn., Bapak Eko Agung Syaputra, M.Ds., Ibu Supratiwi Amir, S.Ds., M.Sn., Bapak Sasferi Yendra, S.Pd., M.Sn., adapun dari Prodi Teknik Mesin yaitu Ibu Diniar Mungil Kurniawati, S.T., M.T., dari Prodi Rekayasa Keselamatan Ibu Noni Oktiana Setiowati, S.T., M.Sc., dari Prodi Teknologi Pangan Ibu Gevbry Ranti Ramadhani Simamora, S.Pi., M.Si, dari Prodi Teknik Industri Amanda Dwi Wantira, S.Tr.Log., M.T., CPLM, selanjutnya kami juga mendapatkan bantuan dari Samarinda Startup Community (SASCOM) yang diwakili oleh Bapak Gatot Puguh Bayuaji dan Ibu Ratna Sari. Selanjutnya Bapak Sugandi, dari Biofouling Platform Indonesia, CEO Shah Group Bapak Dedy Priansyah, dan Ibu Tina Tri Wulansari, S.Kom., M.T.I dari Universitas Mulia.

 

Hacksprint hari pertama berfokus pada Problem Validation and Generating Prototype to build. Seluruh peserta difasilitasi oleh tim pengabdian memetakan permasalahan dan memvalidasinya. Adapun materi yang dikerjakan oleh seluruh peserta meliputi mapping stakeholder, expert sharing, penyusunan HMW (How Might We), Heat Mapping, dan Sprint Goal Setting.  Lalu dilanjutkan dengan sesi hacksprint hari kedua dengan penyusunan materi feedback museum, crazy 8, solution sketch dan storyboard. Setelah seluruh peserta telah berhasil menyusun storyboard startupnya, para peserta kemudian mempresentasikan hasil kerjanya. Kegiatan hacksprint sesi ke 2 ini menghasilkan 7 startup yang telah berhasil menyusun solution sketch sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun MVP (Minimum Viable Product) masing-masing startup.

Pengembangan ekosistem startup khususnya di kawasan Kalimantan Timur masih sangat berpotensi untuk berkembang. Untuk mencapai hal tersebut tentu membutuhkan partisipasi banyak pihak. Program Studi Bisnis Digital berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan seperti pengembangan startup digital dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak.