Workshop KAJIAN LITERATUR SISTEMATIS DENGAN TEKNIK BIBLIOMETRIKA, Dosen ITK memenuhi undangan sebagai narasumber

Pembicara - 30 Desember 2021 - 12:00 AM

Makassar- Kamis, 23 Desember 2021. Institut Teknologi dan Bisnis KALLA  mengadakan Workshop Kajian Literatur Sistematis dengan Teknik Bibliometrik dengan menghadirkan pemateri Dr. Abd Razak Munir, S.E., M.Si., M.Mktg (Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin), dan Muh. Ikhsan Alif S. S.E., M.Sc (Dosen Program Studi Bisnis Digital, Institut Teknologi Kalimantan).

Kegiatan ini dihadiri oleh 25 orang dosen akademisi dan dosen praktisi ITB Kalla sebagai peserta Workshop. Kegiatan Workshop bertujuan untuk melatih kemampuan riset kajian literatur tersistematis dari hasil-hasil penelitian lain yang berkaitan erat dengan topik penelitian saat ini, serta menghubungkan penelitian dengan literatur-literatur yang relevan, dengan menggunakan basis teknologi aplikasi bibliometrik diantaranya Publish or Perish, VoS Viewer, dan Mendeley. Kegiatan Workshop Bibliometrik ini dilaksanakan dalam durasi 10 (sepuluh) jam. Terdapat dua sesi utama dalam kegiatan ini yaitu pengenalan riset gap penelitian secara umum dan sesi kedua yaitu penggunaan Bibliometrik dalam studi literatur dan langkah-langkah melakukan studi Bibliometrik.

Materi sesi pertama disampaikan oleh Dr. Abd Razak Munir, S.E., M.Si., M.Mktg dengan judul “Reseacrh Concept Development”. Dalam presentasinya, pemateri memaparkan terkait bagaimana menemukan gap penelitian, pemilihan metode penelitian, dan menuliskannya dalam artikel imiah. Materi sesi kedua disampaikan oleh Muh Ikhsan Alif S. S.E., M.Sc yang menyampaikan terkait dengan judul “langkah-langkah melakukan studi Bibliometrik”. Dalam presentasinya, pemateri memaparkan terkait bagaimana proses riset kajian literatur diantaranya: pemilihan topik yang tepat dengan mencari kata kunci dari literatur, menggunakan basisdata/mesin pencari yang relevan, dan perlunya mempertimbangkan rentang waktu pencarian dalam studi mencari artikel terkait dengan topik tertentu. Tentu-nya diharapkan dari pemaparan materi yang disampaikan peserta dapat merangkum atau meringkas berbagai literatur dalam bidang atau topik tertentu dan menarik simpulan serta memberikan kritik atas topik yang ditelaah.

Peserta sangatlah antusias mengikuti dari siang hingga sore hari dengan melakukan praktik kajian literatur melalui Software aplikasi Publish or Perish, Vos Viewer, dan Mendeley. Paparan dijelaskan dengan sangat teknis dan terperinci di ruangan kelas Institut Teknologi dan Bisnis KALLA mulai dari proses awal yaitu melakukan peta konseptual (menentukan tujuan studi, membuat pertanyaa penelitian, dan membuat kata kunci), Pekerjaan teknikal dengan bantuan Software untuk analisis data, hingga sampai pada proses membuat laporan akhir untuk studi Bibliometrik. Workshop berjalan dengan antusias peserta pada setiap sesinya, tanya jawab hingga acara ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Andi Tenri Pada, S.E.,M.Sc selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB Kalla sangat mengapresiasi antusiasme peserta.  “Workshop Metode Penelitian ini adalah seri kedua yang berfokus untuk mengenalkan tools dalam tradisi penelitian dan sangat potensial diaplikasikan melihat kajian keilmuan di ITB Kalla seperti kewirausahaan, manajemen retail dan bisnis digital masih  dalam proses pengembangan literatur". ungkapnya melalui rilis website: https://www.artikel.news/Not/baca/21237/dorong-riset-dosen-itb-kalla-gelar-workshop-bibliometric Rabu (29/12/2021). "Disiplin ilmu kami masih dalam pengembangan dan akan terus berkembang termasuk dalam meta-analisis ataupun meta-sintesis”. Lanjut Tenri, yang sekaligus dosen di Prodi Kewirausahaan. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai dosen pemula yang baru bergabung di ITB Kalla, ternyata menemukan gap penelitian harus melalui berbagai rangkaian penelusuran literatur bahkan kalau perlu kita mencari dalam sebuah tools agar lebih efektif". Ujar Yogi, dosen prodi Bisnis Digital.